Mindful Parenting Itu Penting!

BAGIKAN

Sabtu, 11 November 2023, TK/KB Katolik Ricci 1 mengadakan seminar yang bertajuk mindful parenting. Seminar ini dibawakan langsung oleh Dr. Henny Wirawan, M.Hum, Psikolog, Psikoterapis. Dr. Henny adalah seorang dosen, trainer, sekaligus psikolog yang masih aktif berkarier sampai saat ini. Beliau memiliki banyak pengalaman berinteraksi langsung selama kurang lebih 20 tahun dalam menangani kaum milenial dan generasi z di berbagai lingkungan seperti kampus, perusahaan, dan komunitas sosial. Sangatlah tepat memang kehadiran Dr. Henny dalam seminar kali ini karena berkaitan langsung dengan orangtua anak-anak generasi z.

Dr. Henny menyampaikan bahwa peran orangtua adalah elemen yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak. Akan jadi apa anak nantinya tentu saja berkaitan erat dengan pola asuh orangtua terutama dalam usia anak yang sangat membutuhkan pengawasan. Ada dua hal menarik yang disampaikan Dr. Henny. Hal pertama adalah tentang pentingnya kehadiran dan cinta orangtua dalam proses mendidik anak. Dr. Henny mengutip pernyatan Dan Siegel yang menyatakan bahwa mindful parenting bukanlah tentang menjadi sempurna, yang terpenting adalah kehadiran dan kasih sayang. Kehadiran dan kasih sayang jauh lebih penting dan berharga dibandingan fasilitas-fasilitas mewah dan memadai yang orangtua sediakan. Hal menarik kedua adalah pentingnya hubungan yang lebih dekat atau lebih dalam antara orangtua dan anak. Kali ini Dr. Henny mengutip pernyataan Amy McCready yang mengungkapkan bahwa mindful parenting adalah tentang hubungan dengan anak pada tingkat yang lebih dalam. Kebedekatan antara orangtua dan anak hal penting yang harus terjadi karena anak membutuhkan sosok panutan yang baik. Dengan memperoleh kedekatan dan panutan yang baik, tumbuh kembang anak akan lebih positif.

Ibu Santhy Dewi Karanina, S.Psi, Kepala Sekolah TK/KB Katolik Ricci 1 memberikan respon postif tentang seminar parenting ini. Hal yang dinilai positif adalah narasumber yang interaktif dan komunikatif. Selain itu Ibu Santhy juga mengapresiasi kehadiran orangtua yg punya komitmen untuk belajar bersama dalam mendampingi dan mendidik anak-anak. Selanjutnya diharapkan juga orangtua mau terus berkolaborasi dengan pihak sekolah untuk perkembangan anak. Ibu Shanty juga berpesan agar orangtua yang belum bisa bergabung dalam seminar kali ini diharapkan bisa hadir dalam seminar-seminar selanjutnya karena akan selalu ada hal baru yang diperoleh dalam setiap pertemuan.