MEMAHAMI MAKNA MERAYAKAN KEMERDEKAAN RI KE-76.

SHARE

PERAYAAN KEMERDEKAAN INDONESIA 17 AGUSTUS 2021

Perayaan Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2021 merupakan perayaan Kemerdekaan yang hening ke dua kalinya, setelah Indonesia mengalami masa Pandemi Coovid-19, sejak Maret 2020 yang lalu. Tahun-tahun sebelumnya perayaan Kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan hingar bingar. Anak-anak pagi hari dengan sukacita ambyar di lapangan untuk mengikuti berbagai lomba seperti lari karung, makan kerupuk, lari kelereng, dan sabainya. Lomba panjat pinang menjadi salah satu kegiatan yang mewarnai  perayaan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Indonesia. Perayaan Kemerdekaan Indonesia tahun 2021 tidak lagi diwarnai oleh hingar bingar tersebut. Hal ini karena pandemi Covid-19 belum juga usai.

Tema Perayaan Kemerdekaan 2021 adalah "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh". Tema ini dimaksudkan untuk mendeskripskan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah terus maju bersama dalam memempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik. Impian itu diilustrasikan dalam logo yang memiliki komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

Melalui Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor: B.446/M/S/TU.00.04/06/2021 tertanggal 16 Juni 2021, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan tema dan logo Peringatan HUT ke-76 RI tersebut kepada seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah.

 

Stabilitas dan Pembangunan.

Bentuk angka "7" diasosiasikan sebagai bagian dari "tiang pancang" infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. Bentuk ini melambangkan "kepala Garuda" yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.

 

Gerak dan Pertumbuhan

Bentuk "6" diasosiasikan sebagai "orang dan roda yang sedang bergerak" terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

 

Ruang Kebersamaan

Bentuk garis sejajar antar angka 7 dan 6 diasosiasikan sebagai 'ruang' yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Selain itu dapat diasosiasikan bentuk 'panah' yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan.

Bentuk ini diasosiasikan sebagai "ruang" yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Selain itu, dapat diasosiasikan bentuk "panah" yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan.

 

Persatuan dan Harapan

Bentuk "lingkaran" merupakan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Adapun bentuk ini juga dapat diasosiasikan "persatuan" Indonesia.

 

Referensi:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/30/130000665/logo-tema-dan-pedoman-peringatan-hut-ke-76-ri?page=all

https://nasional.tempo.co/read/1489509/hut-ri-ke-76-filosofi-logo-dan-tema-besar-indonesia-tangguh-indonesia-tumbuh/full&view=ok