Hari Pangan Sedunia SMP RICCI 2

SHARE

Pada tanggal 16 Oktober 2022, diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia atau World Food Day yang ditetapkan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO). Hari Pangan Sedunia atau HPS diperingati untuk meningkatkan kesadaran kita akan tingkat kelaparan dan kemiskinan di dunia yang terus meningkat. Pada tahun 2021, menurut laporan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Indonesia menjadi salah satu negara dengan pembuangan sampah pangan terbesar kedua di dunia dengan sebanyak 115-184kg per kapita per tahun Indonesia. 
Begitu juga Keuskupan Agung Jakarta,  melalui Gembala baik kita Monsinyur Ignatius Suharyo Hardjoatmojo mengeluarkan Surat Gembala Hari Pangan Sedunia 2022 dengan tema “Jangan Ada Yang Tertinggal” tema ini mengusung tentang Martabat manusia, banyak saudara-saudara kita yang tidak mampu mengejar dan menikmati hasil pembangunan dan saudara-saudara kita inilah yang disebut lemah, miskin, terpinggirkan dan disabilitas. 
Dalam rangka mendukung tema tersebut, SMP Katolik Ricci 2 yang berada di Bintaro turut ikut berpartisipasi merayakan Hari Pangan Sedunia. Acara ini dibuka dengan opening ceremony dimana perwakilan dari murid memakai baju tradisional dan kata sambutan dari Ibu Valentina Efi Oknasari selaku kepala sekolah SMP RICCI 2. Para siswa dan siswi diminta untuk membawa makanan hasil bumi seperti umbi-umbian dan dikumpulkan menjadi satu di meja yang berada di lapangan.
Makanan di bawa dengan tempat makan untuk mengurungi sampah plastik. Setelah itu, seluruh siswa dan siswi SMP Ricci 2 dipersilahkan untuk mengambil makanan apa saja yang berada di meja dan harus di habiskan.
Tidak hanya para siswa dan siwi SMP Ricci 2 saja tetapi, para guru dan karyawan SMP Ricci 2 pun ikut berpartisipasi dan mendukung acara Hari Pangan Sedunia ini.

Mari kita lebih tingkatkan lagi kesadaran akan kelaparan dan kemiskinan yang terjadi di sekitar kita dan kiranya kita mampu membantu meski dalam skala kecil. Semangat berbagi dan jangan ada yang tertinggal, Tuhan Yesus Memberkati.