GEREJA MEMBERIKAN INDULGENSI LEBIH LUAS DI MASA PANDEMI

SHARE

Lembaga Penampunan Dosa Apostolik Vatikan telah menerbitkan sebuah dekrit pada hari Kamis, 28  Oktober 2021 untuk umat beriman yang telah meninggal dengan memberikan kemungkunan memperoleh indulgensi penuh sepanjang bulan November.

Dekrit yang ditandatangani oleh Kardinal Mauro Piacenza itu menyatakan memperpanjang jangka waktu untuk mendapatkan indulgensi sebagai tanggapan atas berbagai permohonan yang diterima dari berbagai Gembala Suci Gereja, karena keadaan terus-menerus dari Pandemi Covis-19.

“Indulgensi adalah penghapusan siksa-siksa temporal di depan Allah untuk dosa-dosa yang sudah diampuni. Warga beriman Kristen yang benar-benar siap menerimanya, di bawah persyaratan yang ditetapkan dengan jelas, memperolehnya dengan bantuan Gereja, yang sebagai pelayan penebusan membagi-bagikan dan memperuntukkan kekayaan pemulihan Kristus dan para kudus secara otoritatif”.”Ada indulgensi sebagian atau seluruhnya, bergantung dari apakah ia membebaskan dari siksa dosa temporal itu untuk sebagian atau seluruhnya.” Indulgensi dapat diperuntukkan bagi orang hidup dan orang mati (Paulus VI, Konst. Ap. “Indulgentiarum doctrina” normae 1-3) (KGK 1471). Dengan kata lain, indulgensi dapat menghapuskan seluruhnya atau sebagian dari siksa dosa yang masih harus kita tanggung setelah kematian dalam proses pemurnian yang dikenal sebagai api penyucian (purgatorium).Maksud diterbitkan dekrit ini adalah “untuk memenuhi kebutuhan untuk menghindari pertemuan yang berpotensi menjadi penyebab penyebaran Covis-19 yang masih mempengaruhi populasi dunia dalam berbagai tingkat”.

Doa Memohon  Indulgensi penuh

Dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus. Amin...

Bapa Yang Maharahim, percaya akan kasih-Mu yang tanpa batas, bersama seluruh Gereja-Mu, pada hari ini kami mohon lepaskanlah (nama-nama yang didoakan) dari segala hukuman atas dosa-dosa mereka.

Perkenankan mereka semua memasuki hidup abadi yang terang dan bahagia di Surga Mulia, dan perkenankan mereka memandang kemuliaan cahaya wajah-Mu. Ini semua kami mohon di dalam Kristus Putra-Mu dan pengantara kami, kini dan sepanjang masa.

Aku percaya...

Bapa kami...

Dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus. Amin...