BULAN IMUNISASI SD KATOLIK RICCI 1 DI MASA PANDEMI

SHARE

 

Taman Sari, Rabu 8 September 2021

Dalam rangka mendukung program Pemerintah di Bulan Imunisasi Anak (BIAS) SD Katolik Ricci 1 melaksanakan Program Imunisasi, Rabu 08 September 2021. Imunisasi merupakan proses membuat seseorang memiliki  imun atau kekebalan terhadap suatu penyakit. Proses imunisasi dilakukan dengan memberikan vaksin yang merangsang system kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tertentu.

Jenis imunisasi yang diberikan di SD Katolik Ricci 1 adalah imunisasi MP (Measles Rubela/Campak) untuk siswa-siswi kelas 1, imunisasi HPV (human papillomavirus) untuk siswi (anak perempuan) kelas 5 dan kelas 6. MR bertujuan untuk memerikan kekebalan anak terhadap penyakit campak, sedangkan HPV untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit kanker servik pada siswi perempuan.

Pelaksanaan imunisasi didukung oleh 4 orang tenaga kesehatan dari Kecamatan Taman Sari.

Ada berbagai reaksi anak-anak sebelum dan setelah mereka menerima suntikan imunisasi. Pada umumnya mereka sangat senang, tidak merasa takut ketika disuntik. Sebagian dari mereka mengatakan “gak sakit kog…” “Cuma seperti digigit semut”. Begitulah komentar mareka.

Linda, salah seorang siswi SD kelas 1, puteri salah satu guru Ricci mengatakan, “gak sakit kog. Kayak digigit semut aja”. Anak yang lain mengatakan, “gak sakit kog. Cuma kaget aja”. Tapi memang ada seorang siswi yang merasa takut ketika akan di suntik. Sudah diselingi oleh beberapa teman, bahkan ada teman yang membujuknya supaya tidak usah taku, karena tidak sakit, tetapi saja dia tidak mau diimunisasi. Tapi toh akhirnya dia juga mau divaksin meski masih menangis juga.

Mengingat kegiatan imunisasi dilaksanakan dalam masa Pandemi Covid-19, pihak sekolah juga tetap mendorong para orang tua khususnya untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan.