Buka Puasa Bersama dan Bakti Sosial Keluarga Besar Sekolah Ricci 2024

BAGIKAN

Keluarga besar sekolah ricci telah mengadakan buka bersama dengan seluruh karyawan/guru/peserta didik Ricci 2. Kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya buka bersama saja. Namun, berbagi sembako untuk mereka umat muslim yang hadir dalam kegiatan ini. Kegiatan ini tentunya sangat meriah dan membawa banyak berkah bagi kita yang ikut serta didalamnya. 

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi saudara-saudari yang beraga Islam. Umat muslim di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam, membawa bersamanya tidak hanya spiritualitas tetapi juga nilai-nilai toleransi dan kebaikan. Salah satu praktik yang menjadi simbol dari nilai-nilai tersebut adalah tradisi buka bersama Tradisi buka bersama tentunya memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di antara umat Muslim, namun tidak terbatas pada mereka saja. Semangat kebersamaan ini juga membawa kesempatan bagi individu dari berbagai latar belakang agama, budaya, dan etnis untuk bersatu dalam kesempatan yang penuh toleransi dan kebaikan. Salah satunya adalah Sekolah Ricci sebagai lembaga pendidikan katolik tetap merayakan buka bersama dan bansos untuk karyawan/guru/peserta didik yang beragama muslim.

"Toleransi dalam tradisi buka bersama juga tercermin dalam sikap terbuka terhadap perbedaan. Ketika berbuka puasa bersama-sama, orang-orang menyadari bahwa keberagaman agama, budaya, dan tradisi adalah hal yang perlu dihargai dan dirayakan. Ini menjadi momen untuk saling belajar satu sama lain, memahami perbedaan, dan memperkaya pengalaman kita dengan wawasan dari perspektif yang berbeda" Ungkap ketua panitia penyelenggara Ibu Sonya Biwati Sirait.

Tradisi buka bersama merupakan contoh nyata bagaimana praktik keagamaan dapat menjadi jembatan untuk membangun hubungan yang harmonis di antara berbagai kelompok masyarakat. Ini mengajarkan kita bahwa dalam keberagaman kita, kita dapat menemukan persatuan, bahwa dalam toleransi kita, kita dapat menemukan kekuatan, dan bahwa dalam kebaikan kita, kita dapat menemukan kedamaian. 

Mari kita terus merayakan tradisi buka bersama dengan semangat toleransi dan kebaikan, memperkuat ikatan antarmanusia, dan membangun dunia yang lebih baik bagi semua.