RETAIL BUSINESS 101

Perkumpulan Alumni Sekolah Katolik Ricci (PASKA Ricci) kembali menggelar seminar bertajuk “Retail Business 101” pada hari Sabtu, tanggal 23 Maret 2019 lalu, bertempat di Aula Matteo Ricci, yang berada didalam kompleks Sekolah Ricci 1, Jakarta Barat. Dengan pemikiran bahwa pembinaan berkesinambungan perlu diberikan untuk para siswa/i dan alumni Ricci, maka diselenggarakan kegiatan seminar tersebut, yang diikuti oleh siswa/i, alumni, guru dan segenap civitas akademika Ricci.

Pembicara dalam seminar ini adalah Bapak Hans Prawira, CEO Alfamart, yang merupakan alumni Sekolah Ricci angkatan 1991, yang sudah cukup lama bergelut dalam bisnis ritel. Seminar ini juga menampilkan pembicara tamu yaitu Bapak Johari Zein, yang juga alumni Sekolah Ricci angkatan 1972. Beliau membagikan pengalamannya dalam bisnis ekspedisi, sesuai dengan kapasitasnya sebagai Co-Founder PAXEL dan President Commisioner TIKI-JNE.

 

Seminar ini dihadiri sekitar 250 orang peserta yang terdiri dari siswa/i kelas 11 & 12, para guru, serta rekan-rekan alumni Sekolah Ricci, dan dibuka oleh Bapak Michael Sofian Tanuhendrata sebagai Ketua Yayasan Ricci saat ini, yang dalam sambutannya mengapresiasi kerja keras Paska Ricci yang telah menyelenggarakan seminar ini dan berharap agar seluruh peserta dapat mengambil manfaat dari kegiatan positif ini agar dapat bersaing dalam dunia bisnis kekinian.

 

Hadir dalam kesempatan seminar ini, Bapak Kusumanto Darmadi Lie, ketua Paksa Ricci yang juga alumni Sekolah Ricci angkatan 1992. Ketika ditanya mengapa memilih topik seminar ini, dijelaskan bahwa saat ini bisnis ritel sangat berkembang bahkan banyak diantara siswa/i SMA yang sambil sekolah melakukan bisnis ritel secara online.

Untuk itu dengan kompetensi yang dimiliki oleh para alumni Sekolah Ricci, dalam hal ini Bapak Hans dan Bapak Johari, dirasakan sangat tepat untuk membagikan pengetahuan kepada para siswa/i kelas 11 dan 12 serta para alumni, bagaimana bisnis ritel yang sebenarnya dan diharapkan para peserta kelak dapat memilih bisnis ini dengan tepat. Dalam sambutannya beliau memperkenalkan seluruh personalia Paska Ricci sekaligus memperkenalkan dan memperagakan penggunaan Paska Ricci apps yang telah launching belum lama ini. Dengan aplikasi ini diharapkan ikatan kebersamaan alumni Sekolah Ricci dapat lebih erat dan berjejaring.