Pengembangan Diri Yang Tiada Henti (Pelatihan Sistem Informasi Pendidikan)

Selama dua minggu Yayasan Pendidikan Ricci melaksanakan Pelatihan Sistem informasi Pendidikan (SIP) kepada seluruh Guru dan Karyawan yang terlibat langsung dalam proses pendidikan. Pelatihan dilaksanakan dengan pengelompokan. Masing-masing, sesuai dengan bidangnya, dilatih menguasai Sistem Informasi Pendidikan, yang sedang dibangun oleh Yayasan. Pelatihan SIP ini dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan Ricci bekerjasama denganPT. SPIN Internasional Indonesia. Tujuan yang ingin dicapai agar seluruh insan Ricci memiliki pemahaman yang sama tentang SIP dan kemudian mampu mengaplikasikannya dalam pelaksanaan tugas masing-masing. Mengapa?

Guru memegang peran yang penting dalam menentukan kualitas pendidikan. Jika guru memiliki kualifikasi baik, pembelajaran akan berlangsung baik. Paralel dengan itu, jika pembelajaran baik maka kualitas pendidikan juga akan baik.

Sangat disadari penguatan mutu dan peningkatan profesionalisme pendidik mempunyai peran yang sangat strategis dalam peningkatan mutu pendidikan. Pendidik yang memiliki mutu yang baik akan mampu membantu peserta didik dalam mengikuti proses pendidikan dengan baik pula. Pendidik tidak pernah boleh berhenti dan berpuas diri karena memikili sertifikat guru. Keguruan seorang guru tidak semata-mata diukur dengan sebuah sertifikat yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui proses sertifikasi guru. Kualitas dan profesionalitas guru akan ditentukan pada sejumlah kriteria. Kriteria itu antara lain memiliki ketrampilan dalam mengajar, wawasan yang luas, kepribadian yang baik, penguasaan pada media pembelajaran, penguasaan teknologi, dan kemampuan dirinya menjadi panutan atau teladan bagi peserta didik.

Peningkatan kompetensi guru yang berkelanjutan harus terus menerus dibangun dan dikembangkan demi mendukung proses layanan dalam pendidikan yang baik. Paradigma lama harus diubah dengan paradigma baru. Guru mengajar tidak lagi menggunakan pola satu arah. Guru haru mengubah cara mengajarnya dari cara pembelajaran yang teacher center ke student center. Perubahan itu memerlukan pendidikan dan pelatihan yang kontinyu hingga mampu membangun kesadaran dalam diri guru itu supaya memiliki komitmen pribadi yang kuat untuk memberikan layanan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak didiknya. Untuk mencapai hal itulah, Yayasan Pendidikan Ricci bekerjasama dengan PT. SPIN Internasional Indonesia melakukan program Pelatihan Sistem Informasi Pendidikan.

 

robertus_suparjo