OPEN HOUSE SEKOLAH RICCI

Sekolah Ricci I – Jakarta baru saja menggelar kegiatan Open House, pada tanggal 31 Agustus 2019. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyajikan kepada masyarakat bagaimana sekolah Ricci dalam menyelenggarakan pendidikan.

Open House kali ini mengusung tema “THE COLOURS OF RICCI”, sebuah tema yang ingin menyajikan keberagaman upaya sekolah dalam melayani peserta didik dalam mengembangkan pribadi mereka secara utuh. Kegiatan ini dilaksanakan secara bersama-sama oleh seluruh unit dari TK hingga SMA. Pelaksanaan Open House ternyata mendapatkan respon yang sangat baik dari berbagai lapisan masyarakat di sekitar sekolah.

Acara ini juga didesign secara berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada berbagai kegiatan dilaksanakan pada kesempatan itu. Setidaknya ada 5 lokasi secara bersamaan digelar untuk memberikan informasi kepada seluruh pengunjung tentang apa saja yang dimiliki oleh sekolah.

Acara dibuka dengan penampilan paduan suara TK membawakan lagu Aku Anak Indonesia, dilanjutkan dengan tarian daerah, modern dance, ekspo paskibra dan ditutup dengan Paduan Suara SMP.

Setelah opening dilanjutkan kegiatan di unit masing-masing yakni:

  • Panggung utama menjadi tempat pembukaan aacara, dilanjutkan dengan beberapa kegiatan.
  • Di gedung Taman Kanak-Kanak diselenggarakan sejumlah kegiatan presentasi sekolah dan beberapa kegiatan lomba.
  • Di gedung SD selain diselenggarakan workshop tentang pendidikan di SD Ricci, juga diadakan berbagai lomba.
  • Di Gedung SMA selain kegiatan brain gym untuk pengunjung juga ada penjelasan mengenai bagaimana proses pendidikan di SMA Katolik Ricci dilaksanakan. Kegiatan lain di gedung ini ada test kesehatan yang dilaksanakan oleh PMR beserta dokter dari Alumni SMA Katolik Ricci I, lomba memasak, workshop make up, workshop potography.
  • SMP mengadakan kegiatan workshop untuk orang tua.

Open House dibuka oleh Pimpinan Yayasan Ricci, Bpk. Michael Sofian Tanuhendrata, MM. Dalam sambutannnya beliau menyatakan bahwa kegiatan Open House dimaksudkan untuk memberikan informasi secara jelas dan real tentang bagaimana melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah Ricci.

Selama berlansungnya kegiatan, Pimpinan Yayasan bersama pengurus Yayasan menyempatkan diri untuk mengunjungi satu per satu stand dan ruang kegiatan di seluruh area Open House. Tidak hanya mengunjungi tetapi beliau juga menyempatkan berdialog dengan peserta didik yang mengelola stand masing-masing.

Di beberapa stand beliau membuat diskusi yang cukup panjang dengan peserta didik, misalnya di stand PMR. Kepada peserta didik beliau bertanya tentang peralatan yang dipergunakan, mengapa alat itu yang dipakai, mengapa alat itu menggunakan bahan-bahan seperti itu, apa fungsi kolesterol dan mengapa harus diatur kadar kolestelor dalam tubuh? Semua pertanyaan dimaksudkan untuk mengajak peserta didik lebih memahami makna dari proses belajar.