Membangun Kerja Tim Yang Solid

Sebuah institusi dalam mencapai visi dan misinya merupakan sebuah tim kerja. Dunia kerja dalam sebuah lembaga tidak dikenal istilah stilah single fighter. Setiap orang saling terkait, saling membantu, dan saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama. Demikian seluruh karyawan Yayasan Ricci juga merupakan bagian dari tim kerja besar yakni Yayasan Ricci, sebagai Yayasan Pendidikan yang menyelenggarakan sistem pendidikan dari tingkat PG – TK hingga SMA.

Dalam upaya meningkatkan layanan yang maksimal, diselenggarakan kegiatan Outing, kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan soliditas tim kerja. Kegiatan ini diawali dengan refleksi bersama mengapa perlu membangun kebersamaan dalam tim kerja.

Membangun Kerja Tim Yang Solid 1

Sebuah tim tidak akan bisa bekerja dengan baik dan efektif jika setiap anggotanya memiliki visi dan tujuan yang berbeda. Maka merumuskan secara bersama-sama pada awal membangun tim kerja supaya tujuan bersama dalam dicapai.

Kepercayaan.

Kepercayaan penting dalamkerja sama. Apa yang akan terjadi jika setiap anggota dalam sebuah tim kerja saling mencurigai satu sama lain. Saling kepercayaan akan memberi suasana tenang dalam bekerja. Bahwa setiap anggota akan merasakan mendapatkan dukungan satu sama lain.

Visi dan misi yang sama

Komunikasi efektif

Komunikasi efektif dapat membantu memperepat dan efisiensi dalam bekerja. Melalui komunikasi setiap anggota tim akan bekerja secara akurat sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. Dengan komunikasi setiap anggota akan memiliki ruang pemahaman untuk mengerti peran dan tugasnya. Sebaliknya, tanpa komunikasi efektif akan membuang banyak waktu, tenaga dan tanpa menghasilkan apa-apa dalam tim kerjanya.

Sistem penghargaan berbasis kinerja.

System reward punya peran penting untuk memicu motivasi bekerja tim. Setiap anggota yang punya prestasi, laik diganjar dengan reward. Inti dari pemberian penghargaan ini adalah agar seluruh tim merasa kerja keras mereka dihargai oleh perusahaan.

Setiap orang dalam unit kerja memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing. Setiap orang dituntut untuk memahami tanggungjawabnya.  Oleh karena itu setiap orang berkewajiban mengerjakan tanggungjawabnya secara optimal dalam kebersamaan.

Memahami peran dan tanggungjawab masing-masing.

Adakan kegiatan bersama

Ada ungkapan, “tak kenal maka tak sayang” kegiatan bersama merupakan upaya untuk membangun kebersamaan, saling mengenal satu sama lain sebagai sebuah tim kerja. Penting menciptakan kebersamaan dalam tim meski melalui kegiatan-kegiatan sedernaha seperti makan bersama, doa bersama. Inti kegiatan tersebut adala membangun chemistry dalam sebuah tim.

Tingkatkan kompentensi tim

Kompetensi yang dimiliki dalam sebuah tim pasti beraneka ragam. Harus dipastikan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh setiap anggota tim sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Ingat, kerja tim akan bisa berjalan dengan baik dan sukses jika masing-masing anggota memang punya kompetensi yang sesuai dengan pekerjaannya.

Setiap anggota memiliki tugas dan tanggungjawabnya yang berbeda dan berupaya melaksanakan secara maksimal. Kompetensi setiap anggota wajib untuk ditingkatkan secara bersama-sama. Jika ada bagian yang belum, maka tugas divisi SDM untuk memenuhi ekspektasi kompetensi tersebut.

Saling menghargai dan menghormati

Perbedaan pendapat dan timbulnya perselisihan dalam sebuah tim bukanlah hal yang luar biasa. Masalahnya bagaimana perbedaan itu dapat dikelola dengan baik. Sebab, perbedaan pendapat justru dapat memperkaya dalam tim kerja. Salah satu hal yang harus dibangun adalah menciptakan suasana saling menghormati dan menghargai oleh setiap anggota. Semangat ini yang harus ditanam terus menerus dalam tim kerja.

Komitmen yang kuat

Setiaporang harus memiliki komitmen yang tinggi untuk tim kerja. Satu orang pincang, akan mengganggu bekerjanya tim. Di sinilah pentingnya kebersamaan, setiap orang saling mengingatkan, saling menguatkan satu sama lain agar semua secara bersama-sama meningkatkan semangat yang tinggi.

Evaluasi bersama

Evaluasi dalam tim kerja memegang kunci penting untuk mencapai tujuan bersama. Melalui evaluasi dapat dilihat mana yang sudah berjalan sesuai rencana, mana yang harus mendapat suntikan motivasi, atau kekurangan apa yang harus diperbaiki.

Tujuan evaluasi bukan bertujuan mencari kesalahan, tapi lebih memberi arahan dan masukan agar proses kerja selalu bisa berada di jalur yang direncanakan. Kalaupun ada perubahan, itu merupakan hasil yang sudah disepakati bersama.

Bagaimana mencapai tip di atas?

Kegiatan outing di isi Antara lain dengan game kebersamaan selama satu hari. Dari pagi hingga petang, seluruh kegiatan dimaksudkan untuk memperjelas dan mengaplikasikan tip yang telah disampaikan oleh Tim Manajeman pada awal kegiatan. Ada game pengenalan, membangun kebersamaan, komunikasi, kerja sama, kepercayaan, dan melihat visi dan misi. Seluruh kegiatan melibatkan seluruh anggota, tanpa memandang peran, kedudukan dan jabatan dalam institusi.

Memang tim karyawan ini sangat kompleks, terdiri dari berbagai peran dalam lembaga antra lain bagian keuangan, rumah tangga, sarana dan prasarana, security, karyawan lapangan, driver, operasional pendidikan (OPSDIK), Litbang dan HRD. Meski demikian semua dapat melebur dalam satu kegiatan.

Semoga tim kerja semakin menghasilkan buah yang optimal.