Terus Melaju untuk Indonesia Maju

BAGIKAN

Kemeriahan perayaan ulang tahun Republik Indonesia sudah dahsyat terasa ketika memasuki bulan Agustus. Dari awal bulan sudah bermunculan promo, iklan, dan slogan-slogan yang berkaitan dengan semarak perayaan ulang tahun RI. Warna perayaan peringatan kemerdekaan ini tentu saja hadir di sekolah-sekolah seluruh antero negeri. Tema nasional yang diusung kali ini pun sangat menarik. “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” kiranya bisa menjadi pemicu lahirnya semangat baru bagi seluruh bangsa setelah kurang lebih tiga tahun bergelut dengan pandemi.

Semarak perayaan ulang tahun RI digelar juga di Sekolah Katolik Ricci. Gegap gempita perayaan sudah dimulai sejak tanggal 15 Agustus sampai tanggal 19 Agustus 2023. Kegiatan perayaan pertama kali dilaksanakan oleh SD Katolik Ricci 2 melalui aksi jalan sehat serta beragam perlombaan. Selanjutnya disusul oleh unit SMA dan KB/TK Katolik Ricci 2 pada tanggal 16 Agustus yang juga menggelar berbagai kegiatan menarik. Pada tanggal 18 Agustus giliran seluruh unit (KB/TK, SD, SMP, SMA) di Sekolah Katolik Ricci 1 dan SMP Katolik Ricci 2 yang tidak ketinggalan menghadirkan berbagai kegiatan dan perlombaan menarik. Tidak sampai disitu, karyawan dan karyawati Yayasan Ricci juga mengadakan fun games dan perlombaan pada tanggal 19 Agustus 2023. Semangat melaju untuk Indonesia maju terlihat sekali dalam antusias dan euphoria seluruh insan Ricci dalam pagelaran perayaan HUT RI yang ke 78 ini.

Semarak perayaan tentu saja berpuncak pada upacara bendera bersama yang digelar di dua tempat berbeda pada hari Kamis pagi, 17 Agustus 2023. Sekolah Katolik Ricci 1 menggelar upacara bendera di lapangan apel yang dipimpin oleh Bapak Modesto Suwarno. Bapak Suwarno dalam wejangannya menyampaikan bahwa sejatinya semangat kemerdekaan adalah melayani. Pelayanan yang dimaksud adalah setia mengerjakan hal-hal kecil sebelum mampu menangani hal-hal yang lebih besar.

Di tempat yang berbeda, lapangan apel Sekolah Katolik Ricci 2, Ibu Sri Torini Bratakoesoemah selaku pembina upacara menekankan dua hal penting yang harus insan Ricci jalani di momen kemerdekaan ini. Dua hal penting tersebut adalah budaya tertib sampah dan mengawal penggunaan gadget di lingkungan sekolah. Tentu saja dua hal tersebut akan membawa dampak positif bagi perkembangan belajar dan pendidikan seluruh insan Ricci.

Apresiasi luar biasa diberikan kepada unit SMA Katolik Ricci 1 dan SMA Katolik Ricci 2 yang telah berhasil membuat upacara bendera berjalan lancar dan tertib. Semoga tema nasional HUT RI kali ini menjadikan seluruh insan Ricci lebih adaptif, serius, dan punya daya juang tinggi. Semangat-semangat inilah yang penting untuk menjadi bekal perjuangan di masa yang akan datang. Akhir kata, seluruh insan Ricci mengucapkan selamat ulang tahun Indonesia-ku. Jaya selama-lamanya!